cover
Contact Name
AFDHAL ILAHI
Contact Email
jipdas8@gmail.com
Phone
+6281277708480
Journal Mail Official
jipdas8@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
ISSN : -     EISSN : 27752445     DOI : https://doi.org/10.37081/jipdas
Core Subject : Education,
Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal JIPDAS memiliki cakupan yang membahas tentang model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar yang berhubungan dengan pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022" : 21 Documents clear
PERSEPSI ORANG TUA SISWA KELAS V TENTANG PEMBELAJARAN DARING SDN 200408 POKENJIOR PADANGSIDIMPUAN ANGKOLA JULU Rahmat Afandi Dongoran; nur ainun; Mina Syanti Lubis; Sabri; Rosnida Siregar
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.263 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.176

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Persepsi orang tua siswa kelas V tentang pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN 200408 Pokenjior. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dari Hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa semua orang tua siswa kelas 5 memandang pembelajaran daring selama pandemi covid- 19 ini banyak waktu belajar anak terbuang sia-sia sehinga cara berpikir siswa menjadi lemah, sebagian besar orang tua siswa merasa kerepotan, siswa lebih banyak malas mengerjakan tugas yang diberikan guru, tidak fokus belajar, Selain itu orang tua juga kesulitan mendampingi anak dikarenakan keterbatasan pengetahuan dalam setiap mata pelajaran, bertambahnya kebutuhan kouta internet yang menjadikan beban pikiran. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN 200408 Pokenjior yaitu faktor internal seperti perasaan, sikap, kepribadiaan individu dan faktor eksternal seperti latar belakang keluarga, pengetahuan dan kebutuhan sekitar.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 (PEMBELAJARAN 1-2) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN faujiah kharismasiregar; Sabri; Hasian Romadon Tanjung
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.214 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.177

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajajaran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match SD Negeri 100308 panompuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Subjeknya adalah sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, dan angket respon siswa tentang model pembelajaran make a match. Hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa pada setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 47,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajaran1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar Tematik, Make A Match.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VISUAL DI KELAS III SDN 152981 TUKKA 1A nova yanti siahaan; Nurzanna; Gebby Maureen Pricillia
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.617 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.182

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 Keadaan cuaca di kelas III SD Negeri 152981 Tukka 1A. menggunakan media berbasis visual. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai dengan menggunakan media berbasis visual. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri152981 Tukka 1A. yang berjumlah 11 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media berbasis visual. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase 63% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 36%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 81% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 2 orang dengan persentase 18%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media berbasis visual model pembelajaran pada tema 5 subtema 1 Keadaan cuaca di kelas III SD Negeri 152981 Tukka 1A. Kec. Tukka Kab. Tapanuli Tengah dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Berbasis Visual.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN IPS SUB TEMA DENAH LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI PROBLEM SOLVINGPADA SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 059 BANUA RAKYAT TAHUN AJARAN 2020/2021 lanna sari; Afdhal Ilahi; Royhanun Siregar
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.612 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.184

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sub Tema Denah Lingkungan Sekolah Melalui Problem Solving Pada Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 059 Banua Rakyat Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitianin idilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 20 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah observasi dan tes .Penelitian in iterdiri dari dua siklus.Siklus pertama menunjukkan hasil belajar siswa meliputi 7 siswa yang mencapai nilai tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 20 orang dan kehadiran 100%. Jika dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih tergolong rendah yaitu 77 dan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh yaitu 40%. Siklus kedu amenunjukkan nilai hasil kognitif siswa terdapat 17 siswa yang mencapai nilai tuntas dan hanya 3 siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 20 orang dan kehadiran 100%. Jika dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah baik sesuai yang diharapkan yaitu 80 dan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh yaitu 85%. Hasil yang diperoleh ini masuk dalam kategori “Baik” dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai yang ditetapkan yaitu 76.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa pada materi Denah Lingkungan Sekolah di kelas III UPTD SDN.No.059 Banua sss Rakyat. Kata kunci: HasilBelajar, Pelajaran IPS, Denah Lingkungan Sekolah, Problem Solving This study aims to improve student learning outcomes in social studies lessons with the sub-theme of school environment plans through problem solving in grade 3 students of UPTD SD Negeri 059 Banua Rakyat for the 2020/2021 academic year. This research was conducted by applying Classroom Action Research (CAR) with 20 students as subjects. The research instrument is observation and test. This research consists of two cycles. The first cycle showed student learning outcomes including 7 students who achieved a complete score and 13 students who did not complete from a total of 20 students and 100% attendance. when viewed the average value obtained is still relatively low, namely 77 and the percentage of completeness obtained is 40%. The second cycle shows the value of students' cognitive outcomes, there are 17 students who complete and 3 students who do not complete from a total of 20 students and attendance is only 100%. if it is seen that the average value obtained is in accordance with what is expected, it is 80 and the percentage of completeness obtained is 85%. The results obtained are included in the "Good" category from the Minimum Completeness Criteria (KKM) the value is 76. It can be opened that the use of Problem Solving learning models can improve students' social studies learning outcomes on the material of School Environment Plans in class III UPTD SDN.No. 059 Banua Rakyat. Keywords: Learning Outcomes, Social Studies Lessons, School Environment Plans, Problem Solving.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS NASKAH PIDATO MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS IV SD NEGERI NO. 157019 PINANGSORI fitriani gultom; Monica Theresia; Nurzanna
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.927 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.231

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri No. 157019 Pinangsori pada materi menulis naskah pidato. Jenis penilitian ini menggunakan PTK (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri No. 157019 Pinangsori yang berjumlah 16 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi menulis naskah pidato. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 75% (kategori cukup) dan rata – rata hasil belajar menulis naskah pidato adalah 73,75 di mana 9 peserta didik (56,25%.) yang tuntas dan 7 peserta didik (43,75%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 85% (kategori baik) dan rata – rata 85,62 di mana 100% peserta didik tuntas dalam pembelajaran menulis naskah pidato. Disimpulkan, mata pelajaran menulis naskah pidato dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode Jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri No. 157019 Pinangsori. Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Jigsaw . Abstract This study aims to know the use of the Jigsaw method at fourth grade students of SD Negeri No. 157019 Pinangsori on material for writing speeches. This type of research used CAR (Classroom Action Research). The subjects in this study were all fourth grade students at SD Negeri No. 157019 Pinangsori amounting to 16 people, while the object of this research is the improvement of student’s achievement in speech writing material. Data collection techniques used observation and test. The results of the first cycle showed that the results of observation from learning activities is 75% (enough category) and the average of student’s achievement of writing speeches is 73.75 which 9 students (56.25%.) are completed and 7 students (43, 75%) are not completed. Furthermore, cycle II shows the results of observation from learning activities is 85% (good category) and an average of student’s achievement is 85.62 which 100% of students are completed in learning to write speeches. It’s concluded, writing speeches subject can be improved by using the Jigsaw method for fourth grade students of SD Negeri No. 157019 Pinangsori. Keywords: improved learning outcomes, jigsaw method
PENGOPTIMALANGADGET SEBAGAI PENUNJANG BELAJAR PESERTA DIDIK MASA PANDEMI COVID 19 DI KELASIVSDN 200310 PUDUNJULUPADANGSIDIMPUAN wahyu diyono; Nurbaiti; Sabri
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.193 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.236

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengoptimalan gadget sebagai penunjang belajar peserta didik masa pandemi Covid 19 di SD Negeri 200.310 Pudun Julu Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, pengaruh pengoptimalan gadget sebagai penunjang belajar pada peserta didik masa pandemi Covid 19 di kelas IV SDN 200310 Pudun Julu Padangsidimpuan dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Pengoptimalan Gadget: Penunjang Belajar: Masa Pandemi Covid 19: Hasil Belajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 3 (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN) DENGAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS V SD NEGERI 157019 PINANGSORI 12 anisa hutagalung; Sartika Rati Asmara Nasution; Monica Theresia
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.27 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.237

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi subtema 3 (sistem pernapasan manusia dan hewan) di kelas V SD Negeri 157019 Pinangsori 12 T.A 2020/2021. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Objek penelitian ini yaitu model pembelajaran tipe TGT (Team Games Tournament) dan pendekatan penelitian yang digunakan adalaha PTK (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan TGT learning model dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi subtema 3. Siklus I menunjukkan 40.91% (9 siswa) yang mencapai nilai KKM and siklus II menunjukkan 81.81% (18 siswa) yang mencapai nilai KKM. Kata kunci: Peningkatan, Hasil, Belajar, Model, TGT ABSTRACT This study aims to know the improvement of student’s achievement of sub-theme 3 material (human and animal respiratory systems) at the fifth grade students of SD Negeri 157019 Pinangsori 12, 2020/2021 academic years. The research subjects were 30 students. The object of this research is TGT (Team Games Tournament) learning model and the approach of research used CAR (Classroom Action Research). Data collection techniques used observation and tests. Analysis technique used qualitative and quantitative data. The results of the research shows TGT learning model able to improve student’s achievement of sub-theme 3 material (human and animal respiratory systems) at the fifth grade students of SD Negeri 157019 Pinangsori 12, 2020/2021 academic years. The first cycle showed 40.91% (9 students) who achieved Minimum Completeness Criteria score and the second cycle showed 81.81% (18 students) who achieved Minimum Completeness Criteria score. Keywords: improvement, achievement, Model, TGT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MATERI BENTUK KERAGAMAN SUKU SOSIAL BANGSA DAN BUDAYA KELAS IVSD NEGERI 152981 TUKKA 1A vinni priyatni; Royhanun Siregar; Nurzanna
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.785 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.260

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada menggunakan model pembnelajaran think pair share TPS di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A.menggunakan materi krtagaman suku bangsa dan budaya. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi kragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152982 Tukka 1A dengan menggunakan media tes dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri152981 Tukka 1A.yang berjumlah 11 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan materi keragaman suku bangsa dan budaya..Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase 63% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 36%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 91% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 2 orang dengan persentase 36%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model think paie share pembelajaran pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A. Kec.Tukka Kab. Tapanuli Tengah dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : peningkatan Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar, Keragaman Suku Sosial Bangsa Dan Budaya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1 Sukriadi Hasibuan; yusraini tambunan; Reviva Safitri; Sartika Rati Asmara Nasution
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.398 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.262

Abstract

ABSTRACT This study aimed to describe improvement students’ achievement on the topic environmental change by using PBL (Problem Based Learning) at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1. The approach of the research used Class Action Research and the total subject were 23 students. Observation and test were used in collecting the data. The first cycle showed the mean of students’ achievement 54.17, 43.48% (10 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ achievement was fair category, Furthermore the second cycle showed the mean 81.25, 87% (20 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ achievement on the topic was good category. It was concluded PBL able to improve students’ achievement on the topic environmental change at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Keywords: Improving achievement, Problem Based Learning ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada topik perubahan lingkungan dengan menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah subjek sebanyak 23 siswa. . Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I menunjukkan rata- rata dari hasil belajar 54,17, 43,48% (10 siswa) memperoleh KKM. Lembar observasi menunjukkan hasil belajar siswa dalam kategori cukup, Selanjutnya pada siklus II rata-rata dari hasil belajar 81,25, 87% (20 siswa) mendapatkan KKM. Lembar observasi menunjukkan hasil siswa pada topik tersebut dalam kategori baik. Disimpulkan PBL mampu meningkatkan hasil belajar pada topic perubahan lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Kata Kunci: student achievement , pembelajaran berbasis masalah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN SUB TEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1 cici krisnawati; Khoiruddin Saleh
JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR) Vol 2 No 1 (2022): VOL. 2 NO.1 Edisi Februari 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.767 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v2i1.263

Abstract

Abstract This study aimed to describe improvement students’ achievement on the topic environmental conservation efforts by using picture and picture learning model at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1. The approach of the research used Class Action Research and the total subject were 23 students. Observation and test were used in collecting the data. The first cycle, students’ achievement showed the mean 43.43 (fair category), 43.48% (10 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ ability was enough category. Furthermore the second cycle, students’ achievement on the topic environmental conservation efforts showed the mean 82.61 (good category), 87% (20 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed was good category. It’s concluded picture and picture learning model able to improve students ability on the topic environmental conservation efforts at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Keywords: Improvement, students’ achievement, picture and picture learning model Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa pada topik upaya pelestarian lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah subjek sebanyak 23 siswa. . Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I, prestasi belajar siswa menunjukkan rata-rata 43,43 (kategori cukup), 43,48% (10 siswa) mendapatkan KKM. Lembar observasi menunjukkan kemampuan siswa dalam kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II, prestasi belajar siswa pada topik upaya pelestarian lingkungan menunjukkan rata-rata 82,61 (kategori baik), 87% (20 siswa) mendapatkan KKM. Lembar observasi menunjukkan kategori baik. Disimpulkan model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan kemampuan siswa pada materi upaya pelestarian lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Kata kunci: Peningkatan, prestasi belajar siswa, model pembelajaran picture and picture

Page 1 of 3 | Total Record : 21